"sabar,optimis dan berusaha"

hargailah orang lain terlebih dahulu jika dirimu ingin dihargai orang lain

masakan kering tempe Januari 8, 2010

Filed under: masakan — mestygun @ 3:37 pm
Tags: ,

masakan ini pertama kali aku buat selama di mranto di negri sakura..mungkin aku dah meranto di negri sakura dah 2 tahun,tapi baru kali ini aku mencoba masakan tempe kering.awalnya membuat ide masakan ini ketika waktu itu sedang telp ke temen,pas itu pula temenku sedang mengajarkan masakan ini kepada temenya. trus aku kepikiran ingin sekali membuat masakan itu,trus akhirnya aku tanya kepada temenku tadi proses pembuatanya dan jenis bahan apa yang di perlukan.trus akhirnya temenku memberitahunya..

trus ke esukan harinya aku langsung pesen/belanja bahan2 yang diperlukan di  toko halal food,alhamdulillah kebetulan bahan yang di perlukan ada,cuma kurang satu yaitu gula merah,trus akhirnya aku punya ide gula merah aku ganti dengan kecap manis.

trus selang 2 hari pesenan bumbuku telah datang sore hari dan  kebetulan waktuku kerja dah mau berangkat maka akhirnya kuniatkan masak besuk saja. trus akhirnya aku berangkat kerja..

hari telah berganti setelah selesai sholat jum`at ,trus aku mulai lakukan  memasak apa yang ku inginkan itu,suatu masakan yang sangat aku rindukan saat2 bersama keluarga.

trus yang pertama ku persiapkan bahan2 yang di perlukan:

antara lain;

1.tempe

2.bawang merah

3.bawang putih

4.laos

5.daun jeruk

6.cabai/lombok

7.garam

8.kecap manis

9.daun serei

10. kacang tanah.

trus langkah yang kedua proses pembuatan,sebelum kita memulai memasak potong dulu tempe s kecil2 dan sedikiy panjang,trus potong2 cabai dengan arah panjang2 ,trus kemudian iris bawang merah dan bawang putih,.

trus kita baru mulai memasak..

1.goreng tempe dan kacang tanah tadi, di usahakan mengorengnya di pisah antara kacang tanah dan tempe supaya tidak gosong.

2,trus proses yang kedua membuat tumisnya/bumbunya..pertama2 masukan bawang merah dan bawang putih.setelah harum aromanya masukan cabai/lombok tadi kemudian masukan sedikit garam trus masukan sedikit air,setelah agak mendidih  masukan laos yang sudah di potong agak kecil,trus masukan daun jeruk dan daun serei tuk aroma agar sedikit wangi dan harum,setelah itu masukan kecap manis tadi supaya rasanya sedikit manis. trus tumisan jadi deh

3 tuk proses selanjutnya masukan tempe dan kacang tanah tadi kedalam tumisan tadi,aduk sampai rata supaya rasa dan aromanya menyatu,trus setelah merasuk semua..masakn dah siap saji.

4.proses selanjutnya menyajikan kedalam piring yang agak lebar supaya kelihatan cantik karena warnanya yang bermacam2.selesai deh masakan hari ini.met menikmati dan mencoba…..itadakimasu:-).

sebenernya masakan tadi mengingatkan aku saat aku masih duduk di bangku sekolah.kala itu ibuku slalu menyiapkan bekal makan siang dengan lauk kering tempe…mungkin saat itu uang saku saya pas bgt tuk buat ongkos transportasi dan makan siang sekali.makanya ibu selalu membuatkan bento atau bekal siang,karena letak sekolah ma rumah amat jauh..karena kadang saat itu aku pulang sekolah agak sore,..makasih ibu..yang dapat ku ucapkan.mungkin aku takkan bisa membalas jasa2 dari ibu semua  yang mungkin terlalu banyak,mudah2an aku menjadi anak yang slalu brbakti pada orang tuaku,sehingga tidak melupakan jasa2 dan pengorbanan ibuku..amin.

ya Alloh lindungilah keluarga ku,berilah jalan petunjuk yang kau karuniadan kau ridhoi .temukankanlah aku dan keluargaku dalam janahmu kelak..amin ya robbal`alamin.

 

2 Responses to “masakan kering tempe”

  1. Salam kenal! Aku suka masak juga, salut deh dengan kering tempe made in Japan, kan di masak di Jepang. Tukar resep masakan yuk, sebelumnya tukar link dulu blogku di jendelakatatiti.wordpress.com… Thanks selamat masak yang enak!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s