"sabar,optimis dan berusaha"

hargailah orang lain terlebih dahulu jika dirimu ingin dihargai orang lain

Menjenguk orang sakit Desember 25, 2009

Filed under: tausiyah — mestygun @ 6:14 pm
Tags:

kunjungan kepada orang sakit merupakan salah satu hak seorang muslim dengan muslim lainnya.Hukumnya mustahab.Supaya setiap individu tidak hanya berpikir urusan pribadinya saja,tetapi juga memiliki kepedulian kepada orang lain.

Untuk memotivasi umat supaya gemar melakukan kegiatan sosial ini,Rosululloh saw bersabda:

artinya” Orang yang menjenguk orang sakit akan  berada di kebun-kebun surga sampai ia pulang(HR,muslim)

Kunjungan kepada yang sakit tidak di batasi oleh sekat agama.Rosululloh saw pernah menjenguk seorang an yahudi dan pamanya,Abu Tholib yang masih musrik.

saat berkunjung,Rosululloh saw memotivasi dan menanamkan optimisme pada si sakit.Bahwa penyakit yang di deritanya bukan sebuahmimpi buruk.Ada rahasia Illah di baliknya.Dengan demikian,si sakit akan merasa tenang,tidak mengeluhkan takdir atau mencaci penyakit yang sedang di deritanya. beliau Rosululloh saw pernah menegur orang yang mencaci demam(al-humma) dengan sabdanya:

“janganlah engkau cela demam itu….(HR Muslim)

nabi  muhammad saw menyebut penyakit yang  menimpa seorang muslim sebagai thahur(pembersih dosa) atau kaffaroh(pelebur dosa).ucapan beliau ketika mengunjungi orang sakit:

“tidak masalah,ia(penyakit ini) menjadi pembersih(dosa) Insyaalloh(HR Al-bukhori)

beliau saw membesarkan hati ummu`ala bibi Hizam bin Hakim al-anshari yang sedang sakit dengan berkata:”Bergembiralah,wahai ummu`ala.sesungguhnya Alloh akan  mengugurkan dosa-dosa orang yang sakit dengan penyakitnya,sebagaimana api menghilangkan kotoran-kotoran dari biji besi(HR abu dawud,shahih at-targhib).

dalam melakukannya kunjungannya kepada si sakit ,Rosululloh saw duduk berdekatan dengan arag kepala orang sakit.atau meletakkan tangan ke kening,wajah dan mengusap-usap dada dan perut si sakit.

Beliau saw menanyakan kondisinya.beliau saw juga pernah menanyakan tentang apa yang di inginkan olehorang sakit itu.Apabila  menginginkan sesuatu yang tidak berbahaya,maka beliau saw meminta seseorang untuk membawakannya.dan sambari menempelkan tangan kananya di tubuh orang yang sakit,beliau melantunkan doa(diantaranya):

yang artinya :” aku mohon kepada Alloh yang maha agung,penguasa arsy yang agung untuk  menyembuhkanmu.di baca 7x(shahih Adabil-Mufrod,416).

tidak ada ketentuan khusus mengenai hari maupun waktu berkunjung.kapan saja,seseorang dapat menjenguk orang sakit.Akan tetapi,seyogyanya,pembesuk memilih waktu-waktu yang cocok untuk berkunjung,supaya tidak menjadi beban dan memberatkan orang yang di kunjungi.selain itu,kunjungan itu hendaknya singkat saja,kecualijika di kehendaki oleh  si sakit,atau jika memberikan maslamat baginya.

Inilah pemandangan yang begitu indah,ketika kaum mukminin menyatu bak satu tubuh.kegembiraan seseorang muslim akan membuat semua tersenyum.Dan kesedihan satu orang saja,sudah menyebabkan semua orang bermuram durja.

 

One Response to “Menjenguk orang sakit”

  1. saddan ritonga Says:

    alangkah nikmatnya sakit jika kita ikhlas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s