"sabar,optimis dan berusaha"

hargailah orang lain terlebih dahulu jika dirimu ingin dihargai orang lain

Anak durhaka Januari 15, 2010

Filed under: hidayah — mestygun @ 6:45 pm
Tags: ,

sebuah kisah yang di ambil dari kisah kampung di sebuah desa kecil dari keluarga yang kurang mampu,dari 2 sosok pemuda yang bersahabat dari kecil yaitu arif dan karno.aris adalah sosok pemuda yang pandai,rajin ibadah tapi malu mengakui ibunya buta dan karno adalah sosok pemuda yang masalah sekolah kurang begitu pandai tapi ia sangat sayang ke pada ibunya dan berbakti pada ortu.

    Kisah cerita berawal dari ketika arif masih kecil,saat itu ia di ajak pergi ke pasar oleh ayahnya. Dan di tengah jalan mereka terkena musibah kecelakaan.yang  membuat ayahnya meninggal dunia dan arif sendiri kehilangan salah satu penglihatannya.

   ketika itu membuat ibunya arif  jadi merasa sedih.trus ketika melihat keadaan anaknya demikian,ibunya merasa tak tega saat arif besar nanti di ejek dengan teman2nya.karena buta satu matanya,trus karena ibunya sangat sayang kepada arif tanpa sepengertian tetangganya dan arif.maka ibunya rela memberikan sebelah bola matanya,makanya sekarang ibunya menjadi buta sebelah.

     trus lanjut ketika arif dewasa.ketika arif duduk di bangku SMA ,sifat arif selalu tidak mengakui ibunya buta itu ibu arif.maka temen sekolahpun tak tahu mana ibu arif sebenernya.kecuali temen deketnya karno.arif sebenernya menjadi anak yang paling pandai di antara temen2nya.karena ibunya selalu berdoa ke pada sang kholiq agar arif menjadi anak pandai dan sukses.

demi kebutuhan hidupnya ibu arif rela menjual gorengan di kantin sekolahnya,tapi banyak temen arif yang menhina2/megangu ibunya tapi pas ketika arif tahu,kemudian malah dia tak menghiraukanya,karena arif malu pada temenya bahwa ibunya buta.

  suatu saat ketika mau menerima raport,arif pun selalu berbohong kepada wali kelasnya,bahwa ibunya ga bisa ambil raport karena sibuk,padahal kenyataanya ibunya kepingin sekali mengambilkan raport anaknya,trus malah di paksa arif buat pernyataan tidak bisa mengambil raport.

   suatu saat ketika bekal makan siang arif ketinggalan di rumah karena lupa.karena sang ibu sangat sayang pada anaknya.makanya ibunya datang ke sekolah untuk memberikan kepada arif tapi kenyataannya gimana si arif malah kabur pergi ketempat yang sepi setelah melihat ibunya,karena lagi2 sifat jelek arif yang malu akan punya ibu buta jika di ketahui temen2nya.

      suatu saat rahasia arifpun terketahui temen2nya,trus arif pun di ejek ma temen2nya,trus terjadilah berkelahian.dan akhirnya mereka yang berkelahi kena skor.tapi selang waktu setelah di ketahui ortunya oleh temenya sebenernya arif minta pindah sekolah tapi kepala sekolah tidak mengizikan.karena kepala sekolah merasa kasihan kepada ortunya trus arifpun di nasehati kepala sekolah untuk tindak pindah.

   setelah lulus sekolah SMA akhirnya arif pun menlanjutkan kuliahnya di luar kota,karena arif anak yang pandai tapi si karno tidak melanjutka sekolah lagi dan membantu keluarganya di rumah berladang.

   setelah kuliah di luar kotapun sifat jelek arif masih saja.dia pun jarang pulang dan jarang memberi kabar.dia kalau membri kabar ada juga maunya hanya minta uang saja.akan tetapi uang itupun kadang tidak di gunakan semestinya. suatu saat arif minta uang untuk beli buku tapi kenyataanya bermain ma temen2nya di kampus.di kampuspun arif tergolong anak pandai dia pun juga menjadi dekan senat di kampusnya.

   suatu saat arif kenal dengan temen kuliahnya,sebenernya temenya ingin tahu mana ibu arif,tapi arif mengelah bahwa ibunya telah meninggal.setelah lama kenal dengan temen kuliahnya tadi akhirnya mereka melangsungkan pernikahan tanpa sepengertian ortunya.dia anak dari orang kaya,dan arif pun di serahi sebuah perusahaan oleh mertuanya.proyeknya pun sukses karena arif anak yang pandai.

    karena lama tak ada kabar si arif ibunya pun merasa kangen bgt ma arif sampai2 ibunya kena sakit keras.suatu ketika ke pasar ibunya melihat koran bahwa gambar di koran adalah anaknya arif yang sudah sukses.

      trus setelah itu ibunya pergi keluar kota untuk mencari alamat arif,ketika sampai di alamat itu,ada rumah yang mewah,pagarnya tinggi.sampai di pintu gerbang,keluarlah anak kecil yaitu cucunya menjerit kaget karena melihat orang buta di luar pagarnya.karena menjerit arif dan istrinya pun keluara.setelah bertatapan muka dengan ibunya arip malah ga menyapa apapun dan kaget.trus malah sebaliknya ibunya berkata sambil tersenyum..maaf aku dah salah alamat,dan maaf pula aku tlah membuat anakmu menjerit. trus akhirnya ibunya pulang ke kampung dengan hati sedih…

      setelah sampai di rumah ibunya pun langsung jatuh sakit karena saat ketemu anaknya dah ga mau mengangap ibunya lagi dan ibunya sempat bercerita kepada tetanga dekatnya dengan cerita yang baik.dan akhirnya ibunya pun meninggal dunia.

    Selang ibunya meninggal semua proyek arif pun menjadi bangkrut, dan tak laku lagi,perusahaannya pun gulung tikar.setelah itu arif pulang ke kampung rumahnya tuk menemui ibunya,tapi ibunya dah ga da lagi.

  Trus tetangga dekatnya pun bertyemu dengan arif dan berkata:

akhirnya kamu pulan juga yach..o iya ibumu telah meninggal sebelum meninggal ia pernah bercerita ke aku saat pertemuanmu terakhir dengan ibumu.ibumu bercerita ketka beretemu ibumu kamu jamu dengan baik..trus tetangganya tadi bertanya?apakah benar demikian yang kau lakukan kepada ibumu??? trus tetangganya tadi langsung pulang.

      setelah tetangganya tadi pergi trus arif ketemu sahabatnya dari kecil yaitu karno. trus karno berkata?selamat yach kamu dah jadi orang sukses.trus dia bilang gini tapi awas rif?dulu kamu sukses karena ibumu selalu mendoakanmu terus tapi sekarang dah ga ada yang mendoakanmu!!!! ingat itu!!!!!!! trus karno pun memberikan surat wasiat dari ibunya itu!.

   setelah itu arif membaca surat wasiat itu yang bunyinya?

arif anakku sayang sebenernya kmu saat kecil kena musibah kecelakaan,trus mata kamu hilang satu,karena ibu merasa tak tega melihat kamu dewasa nanti maka ibu ikhlaskan memberikan satu bola mata ibu ke arif sehinnga ibu menjadi begini?yang mungkin ini yang membuat arif malu punya ibu kaya aku yang buta..

trus setelah membaca wasiat itu arif merasa menyesal dan terus menangis…

apa artinya penyesalan jika nasi dah jadi bubur….

mudah2han kita bisa mengambil hikmah dari kisah di atas….

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.